Jumat, 18 April 2014

News / Nasional

Sutan: Koalisi Tanpa PKS, Insya Allah Solid

Kamis, 5 April 2012 | 14:16 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Dewan dari Fraksi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, menyatakan, kehadiran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Sekretariat Gabungan Parpol Pendukung Pemerintah selama ini membuat koalisi solid dan kuat.

Namun, jika tidak tak ada PKS pun, Setgab akan tetap solid.

"Pengganti PKS mungkin enggak ada. Cukup lima partai ini. Kalau koalisi bersama PKS solid dan kuat, tapi koalisi tanpa PKS juga insya Allah solid," kata Sutan di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (5/4/2012).

Menurutnya, ada kemungkinan kesempatan terbuka bagi PKS jika tetap berada di Setgab. Namun, PKS harus mendapatkan sanksi yang tegas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Salah satunya, PKS harus rela kehilangan kursi jabatan menteri di Kabinet Indonesia Bersatu II.

"Sanksi harus jalan. Kalau dulu mereka berbuat seperti ini juga hilang kursi menteri di kabinet. Kalau bergabung lagi, mereka sudah siap kehilangan kursi menterinya. Kalau siap ya silakan bergabung lagi," tegasnya.

Seperti yang diketahui, saat ini PKS mendapat jatah tiga kursi menteri, di antaranya Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, Menteri Pertanian Suswono, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Ketiganya masih dipastikan duduk di jabatan tersebut jika Presiden belum memberikan sanksi kepada PKS yang melanggar kontrak koalisi di Setgab karena menolak kenaikan harga BBM.


Penulis: Maria Natalia
Editor : Tri Wahono