Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Minta Saluran Penghubung Dibenahi

Kompas.com - 05/04/2012, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) untuk membenahi saluran penghubung (drainase) di Ibu Kota. Sebab, saat mengunjungi permukiman warga yang terendam banjir di Kelurahan Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (4/4/2012) sekitar pukul 23.00, orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI itu melihat saluran penghubung selebar lima meter dipenuhi sampah. Sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar ke Kali Mookervart.

“Ini menandakan kesadaran masyarakat masih rendah. Buktinya masih banyak yang membuang sampah ke kali dan saluran. Kalau kondisinya seperti ini bagaimana tidak banjir. Untuk itu, saya meminta Pak Tarjuki (Wakadis PU) untuk segera membenahinya dan saya minta dalam minggu ini laporannya sudah saya terima,” kata Fauzi Bowo.

Pria yang akrab disapa Bang Fauzi itu juga mengatakan, penanganan korban banjir sudah terkondisikan dengan baik. Hal itu tampak dari kondisi tempat pengungsian yang relatif kondusif serta keberadan posko kesehatan dan dapur umum yang sudah tersedia di lokasi pengungsian.

“Tapi saya meminta meski sudah kondusif unit unit terkait tetap aktif untuk selalu monitoring dan dengan segera menyiapkan segala kebutuhan pengungsi jangan sampai sudah susah semakin susah akibat pelayanan yang tidak baik. Dan untuk para pengungsi kiranya jangan sungkan untuk datang ke petugas untuk meminta apa yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Kunjungan Fauzi Bowo beserta rombongan setidaknya dapat mengurangi penderitaan ratusan warga korban banjir di Rawabuaya. Korban banjir yang ditampung di gedung Setra Pedagang Kaki Lima, Rawabuaya sejak dua hari lalu juga tampak kaget dengan kedatangan Fauzi Bowo. Pasalnya, para pengungsi tengah tertidur lelap.

"Saya sengaja datang malam ini untuk melihat secara langsung kondisi banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Rawabuaya dan sekaligus penanganan korban banjir,” sapa Fauzi Bowo.

Bahkan Fauzi Bowo yang didampingi Walikota Jakarta Barat Burhanuddin serta rombongan juga tidak sungkan-sungkan menerobos genangan setinggi lutut orang dewasa yang masih melanda daerah tersebut untuk melihat dari dekat kondisi korban banjir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com