Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly Dalam Peringatan 1 Abad HB IX

Kompas.com - 01/04/2012, 18:01 WIB
Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah musisi papan atas Jakarta yang dipelopori penyanyi Glenn Fredly berencana menggelar Gerakan Budaya Voice In The East (VOTE) bersamaan dengan Peringatan Satu Abad Hamengku Buwono IX di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu mendatang (14/4/2012).

"Gagasan VOTE, berawal ketika saya mendapat inpirasi terkait berbagai persoalan di wilayah timur. VOTE ini merupakan gerakan budaya yang ingin mengkampanyekan isu Indonesia timur, atau kampanye damai. Hal ini bertempatan dengan Peringatan Satu Abad Hamengku Buwono IX," ujar Glenn Fredly, Minggu (1/4/2012).

Menurut Glenn, Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan sosok yang inspiratif dan sangat terbuka kepada semua kelompok masyarakat dan suku. "Hamengku Buwono IX yang membuka pintu bagi orang timur untuk mendapatkan pendidikan. Masyarakat Indonesia timur juga mendukung Yogyakarta untuk mendapatkan ke-istimewaannya," ujar Glenn.

Lebih lanjut, Glenn, menuturkan, Yogayakarta merupakan serambinya Indonesia. Yogyakarta menggambarkan keberagaman Indonesia. Oleh karenanya VOTE bangga merayakan keberagaman itu bersama peringatan HB IX dalam mewujudkan konser kemanusiaan.

"Ini waktunya identitas budaya menjadi lokomotif perubahan besar untuk Indonesia. Selain itu, dalam Gerakan Budaya ini, kata Glenn, akan ditampilkan berbagai atraksi budaya yang langsung dibawakan masyarakat Indonesia Timur.

"Nanti ada teman-teman dari Sorong, Papua; NTB, dan musisi yang mendukung gerakan cultural movement seperti Slank. Di mana tradisi bertemu seni kontemporer untuk mengangkat dan menyuarakan suara masyarakat," ujar Glenn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com