Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TK: Soal Jokowi Tanya Om Tjahjo Saja

Kompas.com - 20/03/2012, 14:33 WIB
Anita Yossihara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Politikus kawakan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Taufiq Kiemas, tidak mau berkomentar mengenai keputusan DPP PDI-P mencalonkan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Saat ditanya wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3/2012), berkali-kali Taufiq mengatakan agar wartawan bertanya langsung kepada Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo. "Kalau itu (penetapan cagub-cawagub), tanya ke Om Tjahjo deh," katanya.

Begitu pula saat ditanya pendapat pribadinya mengenai kans Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam bursa Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta (Pemilukada DKI Jakarta), Taufiq menyarankan kepada wartawan untuk bertanya kepada Thahjo. "Sekarang kan saya anggota biasa," ujarnya.

Pencalonan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memang diputuskan DPP PDI-P. Sebelumnya, Taufiq menyarankan agar PDI-P berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk mengusung petahana, Fauzi Bowo. PDI-P tinggal menyiapkan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Fauzi Bowo.

Pernyataan Taufiq agar PDI-P berkoalisi mendukung Fauzi Bowo sebenarnya pernah dijawab oleh Partai Demokrat dengan mengusulkan kader PDI-P, Adang Ruchiatna, sebagai calon wakil gubernur.

Pada hari Sabtu lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengungkapkan bahwa Majelis Tinggi sudah memutuskan untuk mengusung Fauzi Bowo-Adang Ruchiatna sebagai calon gubernur-wakil gubernur.

Namun, pada akhirnya Partai Demokrat dan PDI-P mengusung calon masing-masing. Partai Demokrat mengusung Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan PDI-P mengusung Joko Widodo-Ahok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com