Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Ki-moon Puji Pasukan Indonesia

Kompas.com - 20/03/2012, 13:21 WIB
Hindra Liu

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon memuji pasukan perdamaian dunia asal Indonesia yang bertugas di daerah konflik.

Ban Ki-moon mengatakan, pasukan Indonesia telah menjalankan tugasnya dengan baik. "Pasukan Indonesia, seperti yang lainnya, telah menunjukkan keberanian dan kasih sayangnya. Inilah yang mengubah segalanya," kata Ban Ki-moon di Indonesia Peacekeeping and Security Center, Sentul, Bogor, Selasa (20/3/2012).

Turut hadir pada acara itu, antara lain, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jajaran pejabat Sekretariat PBB, anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, dan para diplomat. Ban Ki-moon pun sempat menceritakan perjuangan anggota pasukan Indonesia di Darfur. "Saat itu ada perempuan hamil berkebangsaan Sudan yang sedang membutukan pertolongan medis. Ambulans berbendera Indonesia segera menolongnya. Ketika militer Sudan melarang ambulans Indonesia meninggalkan camp, pasukan Indonesia bersikeras sehingga akhirnya dapat mengantarkan perempuan hamil itu ke rumah sakit," kata Ban Ki-moon.

"Anda bisa berkata bahwa ini hanya bantuan kecil kepada seorang perempuan hamil. Namun sesungguhnya, ini lebih dari itu. Menolong perempuan itu merupakan landasan dari hubungan yang erat antara pasukan perdamaian dengan komunitas lokal," sambung Ban Ki-moon.

Ban Ki-moon mengatakan, salah satu tantangan pasukan perdamaian adalah meraih kepercayaan dari komunitas lokal. Seorang kapten pasukan perdamaian Indonesia mengatakan, pasukannya pernah dilempari batu. "Mereka tidak mengetahui bahwa kami datang untuk melindungi," kata Ban Ki-moon mengulang pernyataan kapten tersebut. Namun, pasukan perdamaian Indonesia akhirnya dinilai berhasil meraih kepercayaan dari komunitas lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com