Rabu, 3 September 2014

News / Megapolitan

Mutasi

Sejumlah Posisi di Kopassus Berganti Komandan

Minggu, 18 Maret 2012 | 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah posisi di lingkungan Korps Pasukan Khusus (Kopassus) berganti komadan atau pejabatnya. Serah terima jabatannya berlangsung di Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (17/3/2012) kemarin, dipimpin langsung Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya.

Mutasi itu antara lain meliputi:

1. Danpusdikpassus dari Kolonel Inf Santos Gunawan Matondang kepada Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa (lulusan Akmil 1990)

2. Komandan Grup 1 Kopassus dari Kolonel Inf Rudianto kepada Letnan Kolonel Inf M Saleh Mustafa (Akmil 1991)

3. Komandan Satuan-81 Kopassus dari Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa kepada Letnan Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha (Akmil 1991)

4. Asisten Personel Danjen Kopassus dari Kolonel Inf Ardiheri kepada Letnan Kolonel Inf Kartika Adi Putranta SE (Akmil 1991)

5. Asisten Perencanaan Danjen Kopassus dari Kolonel Inf M Abduh Ras kepada Letnan Kolonel Chb Ign Wisnu Wardhana (Akmil 1991)

6. Kepala Keuangan Kopassus Letnan Kolonel Cku M Haikal Ansar MS SM meletakan jabatanya karena akan menduduki jabatan sebagai Kakudam XVII/Cederawasih Papua.

Adapun pejabat lama Danpusdikpassus Kolonel Inf Santos Gunawan Matondang (Akmil 1987), Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf Rudianto (Akmil 1989), dan Kolonel Inf Ardiheri (Akmil 1988), selanjutnya mengikuti pendidikan Sesko TNI di Bandung, Jawa Barat.

Dalam amanatnya, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya mengatakan, mutasi jabatan di dalam suatu organisasi militer pada hakekatnya merupakan hal yang lazim. Ini merupakan bagian dari tour of duty dan tour of area dengan tujuan untuk perkembangan dan peningkatan kinerja, serta memujudkan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan.

"Selain itu, alih tugas dan jabatan juga untuk mengembangkan kemampuan manajerial serta kepemimpinan para perwira, yang sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier yang berlaku di Angkatan Darat," tegasnya.


Penulis: Ratih Prahesti Sudarsono
Editor : Marcus Suprihadi