Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Ambruk, Perangkat Desa Takut "Ngantor"

Kompas.com - 14/03/2012, 01:15 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com — Kantor Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, yang berusia 52 tahun ambruk, Selasa (13/3/2012).

Gara-gara diterjang angin kencang dan hujan deras, bangunan bagian depan langsung tersungkur ke tanah. Beruntung, saat ambruk, kantor desa sedang kosong.

Walau tidak ada korban jiwa, aktivitas pelayanan publik terganggu. Karenanya, pihak desa terpaksa mengalihkan pelayanan masyarakat di pendapa kantor desa.

Kondisi bangunan kantor desa yang dibangun sekitar 1960-an itu banyak yang rekat. Perangkat desa juga mengaku takut untuk mengantor karena mereka khawatir akan tertimpa bangunan yang ambruk.

"Untuk sementara pelayanan kepada masyarakat dipindah ke pendapa karena akibat ambruknya bangunan bagian depan kantor desa, semua perangkat desa takut untuk ngantor di sana," kata Soeharjono, Kades Peleyan.

Dalam pantauan Kompas.com, kayu bangunan juga mulai tampak lapuk dan semua bagian temboknya sudah retak karena dimakan usia.

Soeharjono berharap Pemkab Situbondo segera turun tangan karena sejak dibangun hingga kini kantor desa belum pernah mendapat bantuan rehab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com