Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antasari: Maafkan Papa

Kompas.com - 08/03/2012, 18:24 WIB
Dian Maharani

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Suasana haru menyelimuti acara prosesi siraman putri Antasari Azhar, Andita Dianoctora Antasariputri (28), di perumahan Les Belles Maisons, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Kamis (8/3/2012) sore.

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu tak kuasa menutupi rasa sedihnya saat prosesi sungkeman yang dilakukan oleh Dita. Dita yang tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna hijau melaju perlahan, lalu duduk bersimpuh di hadapan kedua orangtuanya. Di sana Dita menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada kedua orangtuanya sambil menahan isak tangis.

Mata Antasari pun terlihat berkaca-kaca mendengarkan ucapan putrinya. Antasari pun tak kuasa menahan tangis ketika ia memberikan pesan kepada putri sulungnya itu."Maafkan Papa, anakku, karena tak bisa seperti papa-papa lainnya yang bisa terus mendampingi saat masa bahagia anaknya,” kata Antasari kepada putrinya. Antasari berpesan kepada putrinya untuk berpegang teguh pada agama dan bahwa harta bukanlah segalanya.

Sungkeman berlangsung hikmat, seperti sungkeman adat Jawa pada umumnya, Dita bersimpuh mencium lutut ayahnya, kemudian ibunda tercinta Ida Laksmiwati. Antasari mencium putri kesayangannya itu sambil menangis. Para tamu undangan pun ikut terhanyut dalam suasana haru tersebut. Mereka berulang kali mengusap mata.

Antasari mendapat izin selama 12 jam untuk menghadiri prosesi siraman putrinya dari pukul 09.00 hingga 21.00. Ida tampak tegar meski suami tercinta tak dapat mendampingi sehari penuh. "Alhamdulillah, Bapak diberi kesempatan hari ini. Tapi nanti balik lagi dan besok pas akad baru ke sini lagi. Kita ikuti peraturan yang ditetapkan saja," kata Ida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com