Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin Sindir Foke Soal Bus Transjakarta

Kompas.com - 04/03/2012, 21:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Sumatera Selatan sekaligus kandidat gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, menyindir era kepemimpinan Fauzi Bowo atau Foke selama ini. Ia melihat kinerja Foke lambat soal bus transjakarta.

"Sekarang transjakarta ada sebelas koridor. Pak Sutiyoso membangun sepuluh koridor dalam waktu 3,5 tahun. Foke membangun satu koridor dalam waktu lima tahun," sindir Alex dalam acara Musyawarah Wilayah Kerja PPP di Millenium, Jakarta, Minggu (4/3/2012).

Dalam pertemuan itu, Alex menjabarkan strateginya jka menjadi Gubernur DKI Jakarta. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah soal kemacetan. Menurut Alex, ada beberapa faktor kenapa kemacetan Jakarta tak bisa diuraikan sampai sekarang.

Salah satunya, kata Alex, kondisi angkutan umum tidak aman, nyaman, dan terjangkau. Masih ada kawasan blank spot, yakni kawasan yang tidak dilalui angkutan umum, sehingga warga yang memiliki mobil pribadi memilih menggunakan mobilnya.

"Jadi ada pergeseran dari angkutan umum ke pribadi. Pergeseran penggunaan kendaraan umum ke pribadi ini utama kemacetan Jakarta. Selain itu, pembangunan jalan tidak diimbangi dengan tumbuhnya kendaraan," kata Alex.

Diakui Alex, sudah banyak studi untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Beberapa solusi adalah optimalisasi angkutan umum, park and ride, dan electronic ride ricing. Alex menilai, saat ini area park and ride baru satu. Ke depannya harus dibuat lebih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com