Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Register 45 Tuding Ada Upaya Adu Domba

Kompas.com - 02/03/2012, 20:30 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com — Sejumlah warga yang menduduki kawasan Register 45 Mesuji, Lampung, di Blok Sungai Buaya, menuding ada upaya adu domba antarwarga terkait pembentukan Tim 50 untuk menertibkan kawasan hutan Register 45, Mesuji. Tim 50 ini merekrut sejumlah perwakilan warga untuk menjadi koordinator dalam kegiatan penertiban.

Iwanuddin (36), warga Air Mati, Tanjung Harapan, Mesuji, mengungkapkan, beberapa waktu lalu dirinya diundang Pemprov Lampung untuk hadir dalam rapat operasi penertiban perambah. ”Di situ, saya diminta menandatangani daftar hadir 50 orang perwakilan warga yang diminta untuk ikut mengusir perambah,” tuturnya saat ditemui di areal Register 45 Mesuji, Jumat (2/3/2012).

Ia melanjutkan, meski menandatangani daftar hadir, secara pribadi ia tidak ikut dalam tim itu. ”Tidak mungkin saya mengkhianati warga. Apalagi, nekat mengusir sedemikian banyak warga. Tetapi, seolah-olah kami datang saat itu untuk mengesahkan dan mendukung penggusuran,” tuturnya.

”Dalam Tim 50 itu dimasukkan sejumlah nama warga yang sebelumnya sempat bersuara keras menolak penggusuran, di antaranya Wayan Sukadana. Ia kemudian dianggap mengkhianati warga karena bergabung dalam tim itu,” ujarnya.

”Setahu saya, Wayan hadir (dalam rapat), tetapi kemudian tidak ikut bergabung,” tuturnya yang menyebutkan pembentukan Tim 50 itu sebagai upaya adu domba warga.

Dalam rapat itu, Iwanuddin mengungkapkan, anggota tim diiming-imingi gaji bulanan Rp 2 juta jika ikut bergabung dan mendukung penertiban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com