Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Datang, Buruh Orasi

Kompas.com - 01/03/2012, 10:55 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Kedatangan Wali Kota Semarang Soemarmo HS di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Semarang, Jawa Tengah, disambut tak kurang dari 50 aktivis dan buruh di Kota Semarang. Para buruh itu menggelar spanduk dan poster di depan gerbang Pengadilan Tipikor, Semarang, Kamis (1/3/2012).

Mereka berorasi sebagai sikap kritis memperjuangkan upah buruh yang dinilai jadi rendah akibat dikorupsi pejabat pemkot. Dalam orasinya, buruh menyatakan, tuntutan UMK 2012 sebesar Rp 1,5 juta digagalkan Wali Kota Semarang.

Buruh hanya memperoleh UMK Rp 991.500 per bulan dengan alasan upah itu sudah tertinggi di Jateng.

Penetapan itu sangat ironis karena di saat yang sama hanya untuk memperkaya pegawai negeri, Wali Kota bersedia menyuap Rp 4 miliar untuk menggogalkan APBD Kota Semarang kepada anggota DPRD melalui Badan Anggaran.

"Kami menuntut pada pengadilan tipikor, demi nurani buruh semata, Wali Kota tidak hanya jadi saksi, tapi juga jadi tersangka dalam kasus suap menyuap anggaran," teriak orasi para buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com