Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eko Maulana Bersaing Ketat dengan Yusron Ihza

Kompas.com - 27/02/2012, 08:58 WIB
Kris R Mada

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com- KPU tujuh kabupaten/kota mulai menghitung suara pemilihan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Pasangan Eko Maulana Ali-Rustam Effendi bersaing ketat dengan Yusron Ihza-Yusroni Yazid.

Sampai Senin (27/2/2012), KPU Bangka, KPU Bangka Barat, dan KPU Belitung sudah menuntaskan rekapitulasi hasil pemungutan suara. Sementara KPU Belitung Timur, KPU Bangka Selatan, KPU Bangka Tengah masih melangsungkan perhitungan.

Ketua KPU Bangka Mat Zen mengatakan, rekapitulasi di tempatnya sudah selesai. Di kabupaten itu, Eko-Rustam yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, dan PKS meraup 42.802 suara sah. Sedangkan  Yusron-Yusroni hanya meraih 20.590 suara sah di Bangka. Padahal, sampai saat ini Yusroni adalah Bupati Bangka.

Adapun di Bangka Barat, Eko-Rustam meraih 25.400 suara sah, sementara Yusron-Yusroni yang diusung PPP dan PBB mendapat 71.918 suara sah.

Namun di Belitung, pasangan itu menang telak dengan 48.141 suara. Sebaliknya Eko-Rustam hanya mendapat 15.203 suara.

Pemilihan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung digelar Kamis (23/2) dengan 872.102 pemilih. Selain Eko-Rustam dan Yusron-Yusroni, pemilihan juga diikuti Zulkarnain Karim-Darmansyah Husein dan Hudarni Rani-Justiar Noer. Zulkarnain-Darmansyah didukung Demokrat-PAN. Adapun Hudarni-Justiar diusung koalisi Hanura-Gerindra bersama enam partai non parlemen.

Zulkarnain merupakan Wali Kota Pangkal Pinang, ibukota Kepulauan Babel. Sedangkan Darmansyah masih menjadi Bupati Belitung. Adapun Hudarni adalah mantan Gubernur Kepulauan Babel dan Justiar mantan Bupati Bangka Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com