Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,4 SR Guncang Banda Aceh

Kompas.com - 22/02/2012, 20:26 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang Kota Banda Aceh dan sekitarnya pada pukul 19.02 WIB, Rabu (22/2/2012). BMKG menginformasikan tidak ada potensi tsunami yang menyertai gempa tersebut. Guncangan gempa dirasakan warga Kota Banda Aceh sesaat seusai azan magrib berkumandang.

"Sebagian ada yang tidak merasakan guncangannya karena mungkin mereka sedang dalam kondisi bergerak, di kendaraan atau sedang shalat maghrib. Namun, bagi yang tidak melakukan aktivitas apa pun, sangat merasakan guncangannya," tutur Intan, warga Kajhu, Aceh Besar.

Menurut Intan, situasi Kota Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar pascagempa berangsur normal dan warga pun tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Kepala BMKG Aceh Syahnan mengatakan, tidak ada kepanikan yang timbul, tetapi warga diminta untuk waspada dan siaga. BMKG merilis gempa berpusat 149 km barat daya Kota Banda Aceh dengan titik koordinat 4.89 LU, 94,17 BT. Kedalaman gempa 37 kilometer di laut. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com