Jumat, 1 Agustus 2014

News / Bisnis & Keuangan

Bank Dunia

Lagarde: Zoellick Bisa Mundur dengan Bangga

Kamis, 16 Februari 2012 | 09:56 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde menegaskan, Robert Zoellick bisa mundur dari jabatannya sekarang sebagai Presiden Bank Dunia dengan perasaan sangat bangga. Itu disebabkan banyak prestasi yang telah diperbuat Bob, panggilan Robert Zoellick, semasa menjabat posisi itu sejak 2007.

”Bob Zoellick telah melayani masyarakat internasional, termasuk anggota Bank Dunia dan IMF dengan banyak perbedaan (dibandingkan pendahulunya),” ujar Lagarde dalam siaran pers resmi dari Washington DC, Kamis (16/2/2012), khusus untuk mengomentari mundurnya Bob dari posisi Presiden Bank Dunia.

Menurut Lagarde, Bob akan meninggalkan Bank Dunia dengan serangkaian catatan prestasi yang dapat membuatnya sangat bangga. ”Saya senang bekerja dengan beliau, baik dalam kapasitas saya sebagai Direktur Pelaksana IMF maupun menteri keuangan (Perancis). Saya berharap yang terbaik dalam karyanya yang akan datang. Dan saya harap Bob tetap memelihara kerja sama erat dengan orang yang menggantikannya nanti,” tutur Lagarde.

Kantor berita Reuters menyebutkan, ketika Zoellick mengambil posisi Presiden Bank Dunia pada Juli 2007, dia memusatkan perhatian lembaga itu pada masalah krisis harga pangan dan energi yang telah menyebabkan kekacauan sosial di negara-negara miskin.

Di bawah kepemimpinannya, Bank Dunia telah menaikkan jumlah pinjaman ke level 44 miliar dollar AS pada tahun 2010, naik dari sebelumnya 13,5 miliar dollar AS pada tahun 2008. Hal itu merefleksikan kebutuhan dana yang meningkat di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Untuk membiayai pinjaman tersebut, Zoellick mampu menghimpun dana 86,2 miliar dollar AS dalam sumber daya keuangan Bank Dunia. Ini adalah kenaikan pertama dalam 20 tahun terakhir. Di saat yang sama, dia juga membuka lebih banyak suara dari negara-negara berkembang, seperti China, Brasil, dan negara-negara lain yang memberikan kontribusi lebih besar.


Penulis: Orin Basuki
Editor : Marcus Suprihadi