Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Masih Survei

Kompas.com - 12/02/2012, 02:06 WIB

Jakarta, Kompas - Partai Golkar masih terus melakukan survei untuk memantapkan pengajuan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum 2014. Hasil survei itu diharapkan membaik sehingga Partai Golkar bisa mendeklarasikan calonnya pada Oktober 2012.

Demikian dikatakan Aburizal di sela-sela pembukaan Orientasi Fungsionaris Pusat Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (11/2). Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar tahun 2011 mengusung Aburizal sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilu 2014. Namun, Golkar belum juga mendeklarasikan pencalonannya secara resmi.

Secara terpisah, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Suhardi, Sabtu, di Jakarta, mengungkapkan, partainya tetap mengusung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto sebagai capres. ”Capres kami sudah confirm, yaitu Pak Prabowo. Deklarasi akan dilakukan tahun ini,” katanya. Namun, Suhardi tak menyebutkan calon wakil presiden (wapres) yang akan mendampingi Prabowo.

Aburizal selalu siap

Aburizal menyatakan, ia selalu siap untuk menjalankan tugas partai, termasuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2014. ”Saya selalu siap. Namun, kami ingin terus melihat survei yang diharapkan semakin lama semakin baik. Pada akhirnya akan dilakukan deklarasi pada Rapimnas Golkar, Oktober 2012,” katanya.

Pengajuan capres adalah sikap yang realistis dan bervisi ke depan. Dalam beberapa survei belakangan ini, perolehan suara Partai Golkar diperkirakan menduduki peringkat pertama, mengungguli partai lain, dengan raihan suara sekitar 18,9 persen. Golkar berharap pada Pemilu Legislatif 2014 mampu meraih 22 persen suara.

Perolehan itu menjadi modal untuk mencalonkan presiden dari Partai Golkar sendiri. ”Untuk pemilu presiden, kami ingin perolehan suaranya melebihi suara partai pada pemilu legislatif,” katanya.

Saat ditanya calon wapres yang akan dipasangkan dengannya pada Pemilu 2014, Aburizal enggan memberikan kepastian.

Sebaliknya, mantan Wapres M Jusuf Kalla mengaku belum memutuskan apakah akan mencalonkan diri kembali sebagai capres pada Pemilu 2014. Ia masih akan melihat perkembangan.

Kalla pernah diusung sebagai capres oleh Golkar pada Pemilu 2009. Pada Pemilu 2004, Golkar mengajukan Wiranto. Untuk Pemilu 2014, Golkar kemungkinan besar mengusung Aburizal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com