Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kemesraan Soekarwo dan Gus Ipul

Kompas.com - 10/02/2012, 23:18 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berbagi tips hubungan yang harmonis dengan Gubernur Soekarwo dalam memimpin Jawa Timur (Jatim) hingga tiga tahun tanpa konflik.

Saifullah yang akrab dipanggil Gus Ipul ini menjelaskan, setidaknya ada tiga hal yang perlu dipahami oleh seorang gubernur dan wakil gubernur agar hubungannya tetap harmonis hingga akhir masa bakti.

Pertama, sama-sama memahami peran dan posisi. Kedua, satu hati dalam menjalankan visi dan misi yang dijanjikan saat kampanye. Ketiga, yang penting, komunikasi lancar. ''Kebanyakan tidak harmonisnya hubungan kepala daerah dan wakil kepala daerah karena komunikasi yang tidak lancar,'' katanya di Surabaya, Jumat (10/2/2012).

Gus Ipul berharap, ia dapat menjaga hubungan baik dengan Gubernur Soekarwo hingga akhir masa jabatan 2014 mendatang. ''Kami berharap doa dari semua masyarakat agar kami tetap rukun dan melanjutkan memimpin Jatim dalam periode lima tahun selanjutnya,'' kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Minggu (12/2/2012), pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) menggelar pesta musik rakyat tiga tahun kepemimpinannya di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya. Sejumlah musisi ternama seperti grup band Ungu, Iwan Fals, dan Soneta Group akan hadir dalam acara tersebut.

''Melalui acara nanti, kami hanya ingin menunjukkan pentingnya kebersamaan dalam membangun daerah. Konflik antarkepala daerah hanya akan menghambat pembangunan daerah,'' pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com