Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Bakal Bangun Data Center Raksasa

Kompas.com - 10/02/2012, 10:38 WIB

KOMPAS.com - India sedang membangun data center berukuran 900.000 kaki persegi (sekitar 83.600 meter persegi). Ini akan jadi data center yang terbesar di India.

Data center itu dibangun dengan bantuan dari IBM. Selain terbesar di India, fasilitas itu akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Adalah perusahaan India, Tulip Telecom, yang menjadi pemiliki fasilitas itu. Selain untuk lokasi fisik bagi kliennya, Tulip akan menyediakan layanan komputasi awan.

Data Center 4 Menara

Tak seperti data center raksasa di AS, data center ini memiliki bentuk vertikal. Ini karena lahan di India jauh lebih terbatas dibandingkan di AS.

Steve Sams, Vice President of IBM global site and facility services, menjelaskan penataan menara data center tersebut.

Fasilitas data center ini akan terdiri dari 4 menara dengan 5 lantai. Tiga lantai pertama, ujar Sams, adalah ruang bersama atau campuran.

Setiap lantai, lanjut Sams, memiliki sekitar 10.000 kaki persegi (929 meter persegi) raised floor dengan gaya modular. Totalnya, ada sekitar 200.000 kaki persegi (18.500 meter persegi) ruangan dengan raised floor di fasilitas itu.

Di setiap lantai, papar Sams, akan ada sekitar dua hingga tiga data center. Fasilitas ini mampu mendukung hingga 100 megawatt listrik dari dua jaringan terpisah.

Fasilitas ini juga akan memiliki tingkat keamanan, termasuk sistem kamera intelligent dengan 1500 kamea yang dapat melacak pengunjung di seluruh area.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com