Senin, 22 Desember 2014

News / Nasional

Ban Ki-moon Akan Resmikan IPSC di Sentul

Kamis, 2 Februari 2012 | 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon dijadwalkan akan meresmikan Indonesia Peacekeeping and Security Center (IPSC) di Sentul, Jawa Barat, pada Maret 2012 mendatang. IPSC adalah pusat keamanan dan perdamaian Indonesia yang terletak di Bukit Merah Bukit, dan berdiri di atas lahan seluas 260 hektar. Demikian informasi ini disampaikan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro pada jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (2/2/2012).

"Ban Ki-moon juga akan memberikan speech (pidato). Ban Ki-moon juga akan hadir pada reuni peacekeeper (pasukan penjaga perdamaian) di IPSC," kata Purnomo kepada para wartawan.

IPSC, selain menjadi pusat keamanan dan perdamaian, juga menjadi tempat pasukan gerak cepat (standby force), dan pelatihan penanggulangan antiteror. Di lahan itu ada pula Universitas Pertahanan dan pusat pelatihan bahasa. Tak hanya itu, IPSC juga dijadikan tempat untuk latihan penanggulangan bencana, serta menjadi tempat latihan olahraga militer.

Pendirian IPSC merupakan kerja sama antara Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejumlah negara sahabat, kata Menhan, juga berniat untuk membantu pembangunan IPSC.

"Amerika Serikat membantu pembangunan barak, Australia membantu pembangunan pusat bahasa. Negara lainnya sudah mengirimkan pejabatnya untuk meninjau kawasan ini untuk memberikan dukungan," kata Menhan.

Seluruh pembangunan IPSC dimulai pada tahun 2010, dan dijadwalkan rampung pada tahun anggaran 2014. Per Desember 2011, proses pembangunan sudah mencapai 62 persen.


Penulis: Hindra Liu
Editor : I Made Asdhiana