Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pakai Mobil Esemka Bukan untuk Pencitraan

Kompas.com - 03/01/2012, 21:41 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Wali Kota Solo Joko Widodo menyesalkan anggapan yang menilainya melakukan pencitraan dengan menjadikan mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinasnya. Menurut Joko, apa yang ia lakukan adalah untuk menumbuhkan semangat, semangat bahwa bangsa Indonesia bisa membuat apa pun dengan modal kemauan.

"Jangan lagi ada yang bilang ini pencitraan. Tujuh tahun jadi Wali Kota Solo, saya tidak pernah pasang foto saya, di baliho, di brosur tentang Kota Solo. Tidak ada. Mobil Kiat Esemka memang layak kita gunakan. Saya ingin menumbuhkan rasa semangat dan rasa kebanggaan terhadap produk dalam negeri," kata Jokowi, Selasa (3/1/2012).

Ini hari pertama Jokowi dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menggunakan mobil dinas mereka, Kiat Esemka, yang merupakan mobil buatan para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Keduanya menggunakan mobil ini untuk melaksanakan tugas kedinasan ke berbagai tempat di Kota Solo.

"Jangan hanya mencari sisi gelapnya karena kami ingin membangun semangat dan memotivasi. Terbukti, anak-anak SMK kita juga ikut semangat dan bangga, mobil buatan mereka dipakai," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com