Minggu, 21 September 2014

News / Nasional

Bursa Capres 2014

Gema Hanura Usung Wiranto sebagai Capres 2014

Rabu, 21 Desember 2011 | 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Muda (Gema) Hanura sebagai organisasi otonom partai akan mengusulkan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, sebagai Calon Presiden yang akan diusung Partai Hanura pada Pemilihan Presiden 2014. Usulan ini akan disampaikan dalam Rakernas sekaligus puncak peringatan HUT ke-5 Partai Hanura pada 20-21 Desember 2011 di Jakarta.

Demikian siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/12/2011), dari Ketua Umum Gema Hanura Erik Satrya Wardhana.

Menurut Erik yang juga pendiri Partai Hanura, setelah mempertimbangkan berbagai aspek, momentum Rakernas sebagai ajang konsolidasi perlu mempertegas capres yang akan di usung partai.

"Ada sejumlah kriteria sehingga kami mengusulkan Pak Wiranto sebagai capres. Diantaranya, pertama, aspek ideologi, internalisasi hati nurani rakyat sebagai spirit perjuangan harus dilakukan secara massif dan terpimpin. Kedua aspek politik, untuk mempertegas orientasi kerakyatan partai sebagai fokus perjuangan, dan ketiga aspek organisasi untuk terus menjaga dan memperkuat soliditas Partai," kata Erik yang saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi VI DPR RI.

Ia menambahkan, dengan mengumumkan sejak awal siapa capres yang akan diusung partai dalam pemilu mendatang, para kader diharapkan dapat menjelaskan kepada rakyat bahwa seluruh program-progam perjuangan partai akan berhasil bila dipimpin oleh figur yang mempunyai integritas, komitmen dan rekam jejak baik yang saat ini dipunyai oleh partai.

Wiranto, kepada wartawan di sela-sela Rakernas, Selasa (20/11/2011), menegaskan bahwa dirinya belum berpikir untuk maju dalam pemilihan presiden 2014. Ia mengakui ada sejumlah kader Hanura yang menginginkan dirinya untuk kembali mencalonkan diri.

"Kami tidak ingin terburu-buru. Tentu nanti kita lihat perkembangan lebih jauh dalam Rakernas ini. Dalam pandangan umum akan kita lihat berapa persen yang menginginkan seperti itu karena mereka (kader partai -red) juga representasi dari kader Hanura dari daerah," ujar Wiranto.


Penulis: Heru Margianto
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary