Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi III: Ada Pemenggalan Kepala, tetapi Pelaku Tak Jelas

Kompas.com - 20/12/2011, 16:20 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi III DPR, Sarifuddin Sudding, memastikan memang ada pemenggalan kepala dua korban dalam konflik di Desa Sungai Sodong, Ogan Komiring Ilir, Sumatera Selatan, 21 April 2011. Namun, hingga saat ini belum jelas pelaku pemenggalan tersebut.

"Kita tidak usah meributkan lagi keaslian video. Yang pasti benar ada kasus pemenggalan kepala itu di sana. Yang dalam videonya itu, kepala korban ditaruh di atas kap truk," katanya, setelah mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya dan jajarannya, Selasa (20/12/2011) siang.

Menurut Sarifuddin, kebenaran ada dua orang yang dipenggal kepalanya itu didapat dari keterangan camat, kapolres, dan kejari OKI. Yang dipenggal itu seorang dari pihak masyarakat dan seorang lagi dari pihak perusahaan di Sodong, OKI.

Ia meminta agar aparat terkait menuntaskan penyelesaikan hukum kasus tersebut. Itu disebabkan, dari kasus bentrokan horizontal yang berbuntut ada pemenggalan kepala korban tersebut, baru lima orang yang diproses sampai peradilan. Itu pun pelaku kekerasan dan pembakarannya saja.

"Yang memenggalnya belum jelas. Penjelasan dari kapolres setempat, kasus pemenggalannya masih dalam pendalaman," katannya.

Ia menambahkan, terjadi bentrokan horizontal itu juga akibat ada kelalaian dari kepolisan setempat. Sebab, pada 17 April 2010, masyarakat sudah melaporkan ada sejumlah orang berbadan tegap dan berambut cepak yang diduga suruhan perusahaan meresahkan masyarakat.

"Namun, laporan masyarakat ini tidak ditanggapi kepolisian dengan serius sehingga terjadilah bentrokan horizontal pada 21 April 2011 itu. Jadi, di sini ada kelalaian dari kepolisian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com