Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Palangkaraya-Jakarta Nyaris Habis

Kompas.com - 20/12/2011, 14:10 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Tiket pesawat dari Jakarta menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk masa Natal dan Tahun Baru diperkirakan habis dalam waktu dekat. Okupasi pesawat diperkirakan baru normal lagi setidaknya seminggu setelah Tahun Baru.

Kepala Perwakilan Batavia Air Palangkaraya Aribowo SY di Palangkaraya, Selasa (20/12/2011), mengatakan, tingkat pemesanan tiket sudah mulai tinggi. Sekitar 80 persen tempat duduk untuk pesawat Batavia Air tujuan Palangkaraya-Jakarta sudah dipesan hingga Natal nanti.

Dalam dua hari, diperkirakan banyak jadwal penerbangan dengan tiket yang sudah habis. Setelah Natal hingga Tahun Baru, sudah sekitar 50 persen tiket dibeli dan diperkirakan habis pekan depan. Harga tiket masih normal atau berkisar Rp 400.000-Rp 600.000.

Tak ada lonjakan harga yang terlalu tinggi. Okupasi diprediksi kembali normal setelah 10 Januari 2012, kata Aribowo . Pesawat yang dipakai adalah Boeing 747-400 dengan daya angkut 168 penumpang. Jadwal keberangkatan dari Palangkaraya sekitar pukul 14.40 dan tiba di Jakarta pukul 16.00.

General Manager Garuda Indonesia Palangkaraya Agus Dewanta mengatakan sudah banyak tiket dipesan untuk masa Natal dan Tahun Baru. Tiket rute Palangkaraya menuju Jakarta untuk tanggal 21 Desember dan 22 Desember 2011, misalnya, tersisa masing-masing 15 lebar dan 13 lembar.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, tiket bisa habis dalam satu atau dua hari mendatang. Menurut Agus, pihaknya menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation dengan daya angkut 162 penumpang. Peningkatan pemesanan tiket mulai terjadi sejak 15 Desember 2011.

"Meski demikian, harga tiket tidak menjadi lebih tinggi. Tidak berubah. Harga tiket mulai Rp 516.000 per orang . Pemesanan kembali normal seminggu setelah Tahun Baru," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com