Senin, 20 Oktober 2014

News / Nasional

Rieke "Nyalon" Gubernur Jawa Barat

Selasa, 20 Desember 2011 | 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Rieke Dyah Pitaloka, telah mendaftarkan diri ke partainya untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat periode 2013-2018.

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Selasa (20/12/2011). "Ikutnya Rieke (sebagai bakal calon Gubernur) kami sambut baik," kata Tjahjo.

Ia mengatakan, pihaknya terbuka, baik bagi seluruh kader PDI-P maupun non-kader untuk mencalonkan diri. Nantinya, kata dia, pihaknya akan memilih calon berdasarkan hasil uji kepatutan dan kelayakan serta survei internal.

Tjahjo menilai, Rieke sangat mampu mengemban tugas sebagai kepala daerah jika melihat kinerjanya sebagai anggota DPR, khususnya di Komisi IX. Dengan mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur, kata dia, Rieke pastinya sudah mengukur kemampuan sendiri.

"Kita tunggu saja mekanisme partai dan hasil survei serta penugasan partai," pungkas Tjahjo.

Seperti dberitakan, Rieke adalah anggota Dewan dari daerah pemilihan Bandung dan Cimahi, Jawa Barat. Selama ini, ia vokal menyoroti masalah buruh dan tenaga kerja Indonesia di luar negeri.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto