Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Penerbangan Nyaris Habis

Kompas.com - 19/12/2011, 21:01 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com Tiket pesawat dari Jakarta menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dan sebaliknya untuk masa Natal dan Tahun Baru diperkirakan habis dalam waktu dekat. Bahkan, tiket untuk hari-hari tertentu sudah tak tersisa.

General Manager Garuda Indonesia Palangkaraya Agus Dewanta di Palangkaraya, Senin (19/12/2011), mengatakan, pihaknya menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation dengan daya angkut 162 penumpang. Sudah banyak tiket dipesan untuk masa Natal dan Tahun Baru. Tiket rute Palangkaraya menuju Jakarta untuk tanggal 20, 21, dan 22 Desember 2011, misalnya, tinggal tersisa masing-masing 21, 15, dan 13 lembar.

"Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, tiket bisa habis dalam satu atau dua hari mendatang," ujarnya.

Sementara tiket rute Jakarta ke Palangkaraya pada 20 Desember 2011 sudah habis dipesan. Peningkatan pemesanan tiket mulai terjadi sejak 15 Desember 2011. Meski demikian, harga tiket tidak menjadi lebih tinggi. "Harga tiket mulai Rp 516.000 per orang," tuturnya.

Agus menambahkan, setelah Tahun Baru, tingkat okupansi pesawat diperkirakan tergolong rendah. Namun, ia tak menyebutkan jumlahnya. Ia hanya mengatakan, kondisi itu diperkirakan berlangsung hingga April karena anggaran pemerintah biasanya belum turun dan perusahaan baru melakukan tutup buku.

Kepala Perwakilan Batavia Air Palangkaraya Aribowo SY mengatakan, tingkat pemesanan tiket sudah mulai tinggi. Sekitar 80 persen tempat duduk untuk Batavia Air tujuan Palangkaraya-Jakarta sudah dipesan hingga Natal nanti. Dalam dua hari, diperkirakan banyak jadwal penerbangan dengan tiket yang sudah habis.

Setelah Natal hingga Tahun Baru, baru sekitar 50 persen tiket dibeli, tetapi diperkirakan sudah habis pekan depan. Harga tiket berkisar Rp 400.000-Rp 600.000. Itu masih wajar, tak ada lonjakan harga yang terlalu tinggi. "Okupansi diprediksi kembali normal setelah 10 Januari 2012," katanya.

Pesawat yang dipakai yakni Boeing 747-400 dengan daya angkut 168 penumpang. Jadwal keberangkatan dari Palangkaraya sekitar pukul 14.40 dan tiba di Jakarta sekitar pukul 16.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com