Sabtu, 1 November 2014

News / Nasional

Hari AIDS

Marzuki Alie: Jangan Hukum Penderita AIDS

Kamis, 1 Desember 2011 | 13:01 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengingatkan masyarakat untuk tidak memberikan hukuman sosial kepada para pengidap HIV/AIDS. Pasalnya, tidak semua orang mengidap HIV/AIDS karena kesalahan sendiri.

Hal itu dikatakan Marzuki saat membuka seminar peringatan Hari AIDS se-dunia yang diadakan Departemen Penanggulangan AIDS dan Narkoba DPP Partai Demokrat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/12/2011). Ia berharap tidak ada stigma terhadap pengidsp AIDS, karena penyebaran HIV/AIDS belum tentu karena kesalahan si pengidap.

Lebih jauh, Marzuki juga meminta masyarakat turut serta dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS yang selama ini belum ditemukan obat penyembuhnya. Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan menyosialisasikan bahaya serta pencegahan, melalui pendidikan ke anak-anak dan kelompok yang berisiko tertular HIV/AIDS.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperbaiki tata kelola organisasi yang menangani HIV/AIDS. Perbaikan juga harus dilakukan untuk sistem informasi serta mobilisasi dana penanganan HIV/AIDS dari dalam dan luar negeri.

 


Penulis: Anita Yossihara
Editor : Marcus Suprihadi