Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Perkenalkan 86 Versi Produksi

Kompas.com - 28/11/2011, 16:15 WIB

TOYOTA CITY, KOMPAS.com –  Kemarin, Toyota Motor Corporation (TMC) memperkenalkan mobil sportnya yang sudah sering ditampilkan di berbagai pameran mobil – termasuk di IIMS Juli lalu – yaitu  “86” (juga disebut hachiroku yang berarti 86 dalam bahasa Jepang). Kali ini, mobil tersebut diperkenalkan tanpa tambahan FT di depan 86 dan merupakan prototipe yang siap diproduksi.

Toyota 86 merupakan hasil kerja sama TMC dengan Subaru (Fuji Heavy Industries) dan akan diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2011 (ke-42) yang dibuka untuk wartawan esok lusa. Bahkan dipastikan, TMC juga memberi kesempatan kepada beberapa wartawan Indonesia yang diundang Toyota untuk mencobanya termasuk KOMPAS.com yang diwakili S Sabastian.

Tahun Depan
Acara perkenalan 86 kemarin (bisa juga disebut preview) langsung dipimpin bos nomor 1 TMC, Akio Toyota di sirkuit F-1, Suzuki, di Prefektur Shizuoka di barat daya Tokyo. Mobil ini rencananya diluncurkan pada musim semi tahun depan.  

Ciri khas mobil sport kompak ini, menggunakan gerak roda belakang, menggunakan mesin boxer 4-silinder (horizontal berlawanan) yang dibuat oleh Subaru. Toyota berharap, mobil ini akan mengikuti jejak Camry dan Prius yang sukses di pasar domestik Jepang.

Untuk itu pula, harganya diancar-ancar sama dengan gaji sarjana yang baru pertama kali bekerja di sebuah perusahaan di Jepang. “Targetnya kami, menarik pembeli dari kalangan anak muda,’ jelas Tetsuya Tada, Chief Engineer 86 kepada Bloomberg.

Top Speed: 230 kpj
Mobil ini menggunakan mesin 2.000 cc yang yang mampu menghasilkan tenaga 200 PS. Kemampuan dikebut mencapai kecepatan maksimal 230 km/jam dan mampu melakukan sprint dari 0-100 kpj dalam 6 detik.  

“Mobil Toyota ini secara tradisional penampilannya kurang menarik,” kata Takayuki Kinoshita, penggemar balap dan penulis karakter Akio Toyoda: Kelahiran Kembali Toyota. Ditambahkan, segi positifnya, mobil diperkenalkan melalui pengarahan Akio Toyoda. Ini akan mengubah citra model Tokyo yang satu ini.

Corola Levin
Nama 86 berasal; mobil sport Toyota yang sangat terkenal – termasuk di Indonesia – yaitu Corolla Levin AE86.  

Fitur lain dari 86, diameter setir paling kecil di antara produk Toyota, yaitu 365 mm. Desain depan yang menggambarkan “predator yang akan menerkam”. Kendati berkarakter sport, namun konsumsi bahan bakar sama dengan sedan bermesin 2.000 cc.

Akio Toyota berkomentar tentang mobil sport terbarunya ini. “86’ mobil adalah mobil yang hebat, dirancang untuk dikebut pada berbagai kondisi jalan. Dimensinya kompak dan mudah dikendalikan,” komentarnya setelah mencoba mobil ini di sirkuit Suzuka kemarin.

“Desainnya sangat baru dan segar, warna oranye yang dipilih kalem,” kata Hirotaka Teraoka, seorang pencinta mobil yang rela melakukan perjalanan dari Hiroshima ke Suzuka untuk menghadiri preview 86 ini. “Bodinya ceper, desainnya mulus sangat bagus, mirip dengan Lexus LFA.”

Mobil sport terbaru Toyota ini merupakan lanjut sport Toyota sebelumnya, yaitu 2000GT yang digunakan dalam film James Bond pada 1967, “You Only Live Twice” yang dibintangi Sean Connery. Mobil sport Toyota lainnya dan telah distop produksinya adalah Supra antara 1986 dan 2002, tampil dalam film “The Fast and the Furious",  roadster MR-S yang dihentikan produksinya pada  2007 dan Celica diproduksi antara 1970-2006. 

Spesifikasi Toyota 86
Dimensi
Panjang
4.240mm
Lebar
1.775mm
Tinggi 1.300mm (tidak termasuk brekt antena 1.285mm)
Jarak sumbu roda
2.570mm
Trek: depan//belakang 1.520/1.540mm
Mesin
Kapasitas
1.998 cc
Tipe 4-silinder, DOHC, horizonal berlawanan (boxer), injeksi langsung
Diameter x langkah
86 x 86mm
Tenaga maks.
1478kW (200PS) @7.000rpm
Torsi maks.
205Nm (20,9kg-m) @6.600rpm
Transmisi Manual 6-percepatan
Rem depan & belakang
Cakram, ventilasi
Ban : depan/belakang 215/40-R18/225/40-R18
Kapasitas tangki bensin
50 liter

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com