Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Sedang Diperbaiki

Kompas.com - 26/11/2011, 21:02 WIB
Harry Susilo

Penulis

TENGGARONG, KOMPAS.com — Jembatan Mahakam di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang runtuh pada Sabtu (26/11/2011) sore, ternyata sedang diperbaiki. Beberapa saat sebelum runtuh, beberapa pengguna kendaraan melihat petugas yang memperbaiki.

Samsul (32), warga Kecamatan Tenggarong Seberang, melintas di Jembatan Mahakam sekitar pukul 15.15 Wita. Saat itu dia melihat sejumlah petugas tampak memperbaiki tiang pancang dan konstruksi jembatan.

"Saya tidak tahu apa yang diperbaiki, tapi saya lihat ada petugas yang membawa kompresor segala. Mungkin sedang memperbaiki jembatan," ujarnya, Sabtu malam.

Menurut Samsul, saat jembatan runtuh, dia sedang berada di SPBU yang berjarak sekitar 600 meter dari jembatan. Runtuhnya jembatan menimbulkan bunyi dentuman dan empasan ke air sehingga banyak warga sekitar yang kemudian panik.

Samsul yang juga tinggal di sekitar Jembatan Mahakam ini tidak pernah melihat jembatan dalam kondisi rusak parah sebelumnya. Biasanya perbaikan jembatan dalam skala kecil. Karena itu, dia kaget ketika jembatan tiba-tiba runtuh hingga memakan korban jiwa.

Jembatan sepanjang sekitar 720 meter ini runtuh pada pukul 16.15 Wita. Tidak diketahui persis berapa jumlah kendaraan yang melintas saat jembatan runtuh. Namun, berdasarkan keterangan saksi mata, lebih dari belasan kendaraan yang sedang lewat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com