Rabu, 22 Oktober 2014

News / Kesehatan

ASEAN Bahas Pemberantasan HIV/AIDS

Senin, 21 November 2011 | 13:05 WIB

Terkait

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Perwakilan negara ASEAN mengikuti simposium internasional untuk menihilkan penularan baru HIV, menghilangkan diskriminasi, dan kematian terkait AIDS. Pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan kerangka kerja yang diterapkan di masing-masing negara.

Pertemuan berlangsung di Hotel Mason Pine di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (21/11/2011).

Selain perwakilan ASEAN, acara tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Ghufron Mukti. Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, juga memberikan sambutan dalam pertemuan ini meski tidak bisa hadir. Dia memberikan sambutan dalam video yang diputar secara khusus dalam ruang pertemuan utama.

Menurut Ali Ghufron, pertemuan ini diharapkan bisa menjadi ajang tukar ilmu dari negara-negara ASEAN mengenai cara untuk menekan angka penyebaran HIV/AIDS. Bagi Indonesia, penyakit tersebut harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh.

"Jangan sampai menyerupai fenomena gunung es. Saat ini kita tenang-tenang saja tapi lima tahun kemudian tiba-tiba angkanya melonjak," katanya.

Surin mengungkapkan, sekitar 1,5 juta penderita HIV/AIDS yang terdeteksi di wilayah Asia Tenggara. Dia memuji negara Thailand, Kamboja, dan Myanmar yang terbukti sudah menekan angka penyebaran HIV/AIDS dan harus diikuti dengan negara-negara lain di ASEAN. 


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Robert Adhi Ksp