Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Kehutanan Mencemaskan

Kompas.com - 17/11/2011, 11:37 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konflik sektor Kehutanan di Indonesia dinilai makin mencemaskan. Ruang kelola Kawasan hutan masyarakat makin menyempit sejalan dengan maraknya izin konsesi di daerah-daerah yang memiliki Kawasan hutan luas.

"Masyarakat selalu berada dalam posisi termarginal dan terpinggirkan dalam setiap konflik Kehutanan," kata Andiko, Koordinator Eksekutif Perkumpulan untuk Pembaharuan Hukum Berbasis Masyarakat dan Ekologis (HuMa), Kamis (17/11/11) di Jakarta.

Ia bersama Andi Sainal Abidin (Direktur Eksekutif Walacea-Sulsel), Nia Ramdhaniaty (Direktur Program Rimbawan Muda Indonesia-Bogor), dan Kussaritani (Direktur Mitra Lingkungan Hidup Kalimantan Tengah), mengadakan konferensi pers menyongsong Kongres Kehutanan Indonesia 21-24 November 2011.

Data pendokumentasian HuMa dan mitranya, sedikitnya 69 kasus sengketa Kehutanan yang terjadi di sepuluh Provinsi. Mayoritas didominasi konflik antara masyarakat dengan Kementerian Kehutanan (Taman Nasional) serta Perhutani. Total yang disengketakan sekitar 843 Ribu hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com