Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panwas Partisipatif Pantau Pilgub Papua Barat

Kompas.com - 08/11/2011, 14:49 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Panitia Pengawas Pilkada Papua Barat menyiapkan panwas partisipatif untuk mengawal jalannya pilkada ulang gubernur Papua Barat 2011-2016. Sebanyak 168 orang panwas akan disebar di sejumlah TPS di wilayah kota Manokwari dan sekitarnya.

Ketua Panwas Papua Barat Nicodemus Rawar, Selasa (8/11/2011) mengatakan 168 sukarelawan panwas partisipatif adalah para mahasiswa dari Universitas Negeri Papua, dan perguruan tinggi lainnya.

"Kami menargetkan 250 orang, tapi yang daftar hanya 168 orang. Tidak apa-apa, kami akan jalan terus," ujar Nicodemus.

Keberadaan panwas partisipatif bersifat membantu pengawasan di TPS-TPS yang dianggap rawan kecurangan ataupin pelanggaran. Bentuknya seperti money politic, intimidasi, atau ancaman untuk memilih salah satu kandidat.

Pengawasan tak bisa bergantung pada panwas tingkat kabupaten dan distrik yang jumlahnya terbatas. Diharapkan panwas partisipatif bisa memperlancar jalannya pilkada ulang gubernur Papua Barat yang digelar besok, Rabu (9/11/2011).

Keberadaan mereka, kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Bambang Eka Cahya Widodo terbukti mampu menekan tindak kecurangan yang terjadi pada Pilkada di Tangerang.

Mereka adalah mahasiswa yang sukarela mengawasi jalannya pilkada sesuai aturan. Oleh karena itu, diimbau supaya panwas partisipatif adalah individu yang netral dan bukan pendukung salah satu pasangan calon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com