Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Idul Adha Warga Korban Erupsi Merapi

Kompas.com - 06/11/2011, 09:08 WIB
Ferganata Indra Riatmoko

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com- Ratusan umat Islam warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (6/11/2011) pagi, merayakan hari raya Idul Adha dengan menunaikan shalat Ied di lapangan Instiper di dusun mereka. Perayaan Idul Adha di dusun yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi tersebut masih diselimuti suasana keprihatinan pascaerupsi Merapi sekitar setahun lalu.

Warga berduyun-duyun mendatangi lapangan Instiper yang masih tertutup tanah dan batu sisa erupsi Merapi. Mimbar yang digunakan pun hanya ditutup dengan tenda bekas milik PMI.

Tepat pukul 07.00, shalat dimulai dengan diimami Murjiyono, warga setempat. Shalat Ied disambung dengan khotbah oleh Khotib Ustad Makmun Muhammad al-Hafiz dari Rumah Tahfidz Darussalam.

Dalam kotbahnya, Makmun menekankan pentingnya mempertebal iman untuk menenangkan jiwa. Perayaan Idul Adha di Dusun Kalitengah Lor ditutup dengan penyembelihan kurban 1 ekor sapi dan 54 ekor kambing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com