Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekerasan Terus Terjadi di Papua

Kompas.com - 05/11/2011, 17:57 WIB
Marcellus Hernowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekerasan diduga terus terjadi di Papua. Setelah  kasus di  lingkungan PT Freeport dan Kongres Rakyat Papua III di Abepura, kekerasan kembali terjadi di  Kampung  Umpagalo, Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, pada Selasa (1/11) sekitar pukul 23.00 hingga Rabu (2/11) pukul 03.00.

Kekerasan ini dialami  sembilan warga Kampung  Umpagalo dan tiga anggota  Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Hubula atau Wamena.    Oktovianus Pogou, anggota KNPB, Sabtu (5/11/2011) di Jakarta menuturkan, kekerasan itu dilakukan oleh oknum aparat keamanan  yang bertugas di Pos Kurulu.

"Warga Kampung Umpagalo dan anggota KNPB dituding sebagai anggota kelompok separatis yang sedang berkumpul. Padahal, saat itu mereka sedang berkumpul untuk membicarakan   konferensi Parlemen Rakyat Daerah Wilayah Suku Hubula atau Wamena," jelas  Pogou.

Meski telah dijelaskan isi pertemuan mereka, warga Kampung Umpagalo dan anggota  KNPB itu tetap  mendapat kekerasan dari aparat. "Mereka  dipukul, ditikam, diseret, dan direndam dalam air," ucap Pogou.

Pogou mengaku, kasus ini sudah dilaporkan ke Polisi  Kurulu. Namun, polisi menyatakan tidak dapat berbuat banyak karena tidak ada cukup bukti.

"Orang Papua membutuhkan  keadilan dan perlakuan yang manusiawi. Namun, yang terjadi dan diperbincangkan di Papua selama ini  adalah tentang kekerasan dan kebrutalan aparat," keluh  Pogou. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com