Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Pangestu Tertantang Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 19/10/2011, 16:21 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu merasa tertantang mengemban tugas barunya. Mantan ekonom CSIS ini mengatakan, Indonesia memiliki potensi ekonomi kreatif di tanah air.

"Saya rasa tugas baru ini sangat menantang. Luar biasa bahwa kita mempunyai kementerian yang mengelola dan mengembangkan ekonomi kreatif," kata mantan Menteri Perdagangan ini kepada para wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/10/2011).

Ide menyatukan pariwisata dan ekonomi kreatif, kata Mari, menunjukkan komitmen Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam memajukan sektor ekonomi kreatif. Mari memaparkan, sesuai dengan cetak biru saat ini, ekonomi kreatif menyumbang 10 persen dari nilai ekspor Indonesia. Tak hanya itu, ekonomi kreatif telah menyerap setidaknya 7,7 juta tenaga kerja.

Ditanya soal target 100 hari pertama, Mari mengatakan akan membuat organisasi baru untuk menegaskan kehadiran ekonomi kreatif di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mari berencana mengangkat seorang direktur jenderal ekonomi kreatif.

Ketika menyampaikan pengumuman susunan Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2011) kemarin, Presiden Yudhoyono menilai Mari telah sukses mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, Mari dibantu oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com