Gita Wirjawan Evaluasi Perjanjian Perdagangan Bebas - Kompas.com

Gita Wirjawan Evaluasi Perjanjian Perdagangan Bebas

Kompas.com - 19/10/2011, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan yang baru, Gita Wirjawan, segera membahas perjanjian perdagangan bebas. Dia akan mengadakan rapat dengan menteri keuangan dan pihak terkait lainnya untuk membahas masalah ini.

Gita mengatakan, perjanjian perdagangan bebas harus mengedepankan semangat keseimbangan dan keadilan. Jika pasar dalam negeri belum kuat, dia mengatakan, kebijakan pasar seharusnya tidak terlalu terbuka. "Namun, kalau tidak, kita tidak bisa terbuka," katanya, Rabu (19/10/2011).

Karena itu, Gita juga akan memperkuat kapasitas produksi dalam negeri. Dia mengaku sudah menyiapkan tiga agenda.

Pertama, memaksimalkan dan meningkatkan pasar domestik atau perdagangan intra-Indonesia, perdagangan antarpulau dan daerah. Kedua, menjaga laju perdagangan ekspor di tengah gonjang-ganjing perekonomian global. "Menjaga laju ekspor dengan tetap memperhatikan kualitas, dan bukan hanya kuantitas," katanya.

Ketiga, memperhatikan keseimbangan neraca perdagangan, baik ekspor maupun  impor. "Namun, dari kesemuanya, yang menjadi prioritas meningkatkan dan menguatkan perdagangan domestik," tandasnya.

Gita baru saja dilantik menjadi menteri perdagangan. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini mengantikan Mari Elka Pangestu yang digeser ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Yudho Winarto/Kontan)

EditorErlangga Djumena

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM