Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi di Sekitar Polsek Mulai Kondusif

Kompas.com - 17/10/2011, 15:52 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

KETAPANG, KOMPAS.com - Situasi di sekitar Markas Kepolisian Sektor Balai Bekuak, Ketapang, Kalbar yang dibakar massa mulai kondusif. Polres Ketapang dan Polda Kalbar sudah mengambil alih Polsek, Senin (17/10/2011).

Kepala Kepolisian Daerah Kalbar Brigadir Jenderal Sukrawardi Dahlan melalui Kabid Humas AKBP Mukson Munandar mengatakan, Kapolres Ketapang dan Direktur Sabhara Polres sudah diperintahkan untuk mengambil alih kendali Polsek.

"Langkah pertama adalah membuat massa tenang. Itu sudah berhasil dilakukan. Tujuannya agar kerusuhan tidak membesar," kata Mukson.

Akibat perusakan oleh massa, bangunan polsek, asrama, dan rumah dinas kapolsek rusak berat. Saat massa mulai beringas, kapolsek dan anggota sedang berada di polsek, tetapi tidak bisa berbuat banyak karena jumlah massa terlalu banyak.

"Keputusan Kapolsek dan anggotanya untuk tidak melawan sudah tepat karena kalau melawan, pasti akan timbul korban. Kami mengimbau masyarakat agar tenang dan menyerahkan kasus Briptu RG kepada polisi," kata Mukson.

Penyerangan Polsek Balai Bekuak bermula dari ketidakpuasan massa atas ulah Briptu RG yang berpacaran dengan beberapa wanita Balai Bekuak. Sejumlah foto saat Briptu RG berpacaran pada tahun 2009 beredar di kalangan warga pada Sabtu lalu. Massa bermaksud mendenda adat Briptu RG. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com