Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

Pertamina Stop Pasokan BBM

Merpati Bisa Isi BBM di Bali dan Lombok

Sabtu, 15 Oktober 2011 | 08:01 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menghindari kelumpuhan total terhadap layanan penerbangannya setelah diembargonya BBM oleh Pertamina, PT Merpati Nusantara Airlines mengisi bahan bakar (fuel tankering) di beberapa lokasi.

"Ada beberapa tempat pengisian BBM Merpati belum diembargo. Di situ kami melakukan fuel tankering ke pesawat agar bisa terbang ke daerah lainnya," kata juru bicara Merpati, Sukandi, kepada Tribunnews.com di Jakarta, Sabtu (15/10/2011).

Daerah di mana Merpati bisa melakukan fuel tankering, antara lain, di Bandara Ngurah Rai (Bali) dan Bandara Selaparang (Lombok).

Fuel tankering adalah mengisi bahan bakar sebanyak-banyaknya di tangki pesawat sehingga bisa digunakan untuk terbang ke beberapa rute dan pesawat akan kembali ke tempat fuel tankering sebelum BBM-nya habis.

"Diusahakan fuel tankering dilakukan pada rute yang menuju Surabaya karena penumpangnya cukup banyak," tutur Sukandi.

Sukandi juga mengatakan, Pertamina hanya mengembargo di tiga pos pengisian BBM terbesar, yaitu Soekarno-Hatta (Cengkareng), Hasanuddin (Makassar), dan Juanda (Surabaya).

Diberitakan sebelumnya, Pertamina mengembargo BBM ke Merpati mulai Jumat (14/10/2011) pukul 24.00 waktu setempat yang menyebabkan sebagian besar penerbangan maskapai tersebut lumpuh.


Editor : Kistyarini
Sumber: