Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT DI dan Airbus Sepakat Bekerja Sama

Kompas.com - 05/10/2011, 19:14 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (Persero), Airbus Military, dan PT Pengelola Perusahaan Aset (persero) pada hari Rabu (5/10/2011) sepakat bekerja sama memproduksi dan memasarkan bersama pesawat NC295.

Bertempat di Kementerian BUMN, telah dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama atau Teaming Agreement. Perjanjian masing-masing ditandatangani oleh Direktur

Utama PT DI Budi Santoso, Direktur Utama PT PPA Boyke W Mukijat dan CEO Airbus Military, Domingo Urena Raso.

Saya melihat masa depan yang cerah di Indonesia dan bagi kerjasama kami dengan industri dirgantara Indonesia ini. Pengetahuan, proses d an teknologi modern yang kami berikan akan cocok dengan kemampuan, pengalaman dan potensi pasar yang PTDI miliki. Ini dapat memberikan win-win bagi pihak-pihak yang terlibat, kata CEO Airbus Military, Domingo Urena Raso, Rabu di Jakarta.

Teaming Agreement ini juga merupakan bukti keseriusan PT DI dalam bekerja sama dengan Airbus Military sebagai bagian dari program Restrukturisasi dan Revitalisasi di lingkungannya. Teaming Agreement merupakan implementasi dari Perjanjian Kerjasama Strategis (Strategic Collaboration Agreement) diantara ketiga perusahaan yang telah ditandatangani pada tanggal 6 Juli 2011 yang lalu di hadapan Menteri Negara BUMN.

Dengan dukungan pembiayaan dari PT PPA, maka PTDI akan memiliki peluang untuk memasarkan dan memproduksi bersama NC295 dengan Airbus Military dan pesawat ini sudah digunakan oleh negara-negara seperti Korea Selatan, Vietnam dan Thailand.

Dengan performa yang sudah diuji di negara-negara tersebut, maka NC295 juga dapat mendukung kebutuhan TNI Angkatan Udara dan direncanakan menggantikan armada Fokker 27 yang hampir habis masa pakainya.

Dengan demikian penandatanganan Teaming Agreement ini membuka peluang besar khususnya bagi PT DI untuk tetap eksis setelah tahun 2014 mendatang.

Kini, NC295 juga merupakan pesawat yang cukup kompetitif. Bagi PT DI memproduksi NC295 merupakan langkah lanjut karena sudah mengenal lama C212 dan CN235, yang merupakan generasi sebelumnya.

Dengan masuknya pesawat terbang NC295 ke dalam jajaran produk yang dihasilkan PT DI, maka ragam produk yang dihasilkan juga makin bertambah, PT DI menjual upper medium class untuk memenuhi kebutuhan Alutsista Pemerintah RI dan juga pasar di Asia Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com