Senin, 28 Juli 2014

News / Nasional

Hubungan Bilateral

60 Program Indonesia-Jerman Siap Digelar

Kamis, 22 September 2011 | 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia dan Jerman siap menggelar rangkaian acara di sedikitnya 12 kota di Indonesia yang menggambarkan keharmonisan hubungan kedua negara.

Sebanyak 60 acara bernama JERIN ini akan meliputi seminar ekonomi, budaya, pameran ilmu pengetahuan dan kerja sama pembangunan kedua negara, serta diskusi politik yang digelar mulai Oktober 2011 sampai Februari 2012.  

Demikian siaran pers Kedutaan Besar Republik Federasi Jerman yang diterima di Jakarta, Kamis (22/9/2011).   

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Norbert Baas menyatakan, Indonesia dan Jerman sama-sama mempunyai banyak nilai penting. Kedua negara dinilai memiliki hubungan kemitraan yang substantif dan menjanjikan di masa mendatang.    

”Saya percaya kita adalah mitra ideal. Investasi Jerman di Indonesia jelas meningkat dan kita menyambut investasi Indonesia di Jerman. Ekonomi yang bersifat komplementer akan menguntungkan dan akan menjadi stimulus yang alami,” ujarnya.  

Agenda kemitraan Eropa dan Indonesia saat ini bergerak di bidang kebijakan perdagangan dan isu global lain, termasuk perubahan iklim. Menurut Norbert Baas, banyak alasan mengapa Jerman dan Indonesia perlu melihat ke depan dan mengidentifikasi bidang mana yang bisa diperkuat kerja sama.   

”Perusahaan-perusahaan Jerman siap untuk itu dan pelaku seni budaya di Jerman penasaran untuk menjelajah panorama kebudayaan di Indonesia yang penuh inspirasi,” ujarnya.  

Informasi mengenai rangkaian acara bisa diakses lewat www.jerin.or.id.

JERIN merupakan rangkaian acara yang didukung Pemerintah Jerman, Kedubes Jerman di Jakarta, lembaga kebudayaan Jerman Goethe Institut, maupun Kamar Dagang Jerman-Indonesia (Ekonid).


Editor : Agus Mulyadi