Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Usulkan Pajak Lebih Tinggi untuk Warga Kaya

Kompas.com - 19/09/2011, 02:27 WIB

WASHINGTON, SABTU - Presiden Barack Obama mengusulkan pajak terhadap orang yang memiliki penghasilan lebih dari 1 juta dollar AS per tahun. Pajak baru tersebut merupakan bagian dari program pengurangan defisit anggaran pemerintah yang diusulkan kepada Kongres, Senin (19/9), di Washington.

Proposal tersebut merupakan sebagian dari usulan kepada komisi Kongres yang berniat mencari dana sebesar 3 triliun dollar AS untuk mengurangi utang selama 10 tahun.

Direktur Komunikasi Gedung Putih Dan Pfeiffer mengatakan, pajak ini akan diberlakukan sebagai alternative minimum tax (AMT). Tujuannya, menetapkan agar para jutawan membayar pajak dalam persentase yang maksimal.

Obama menyebutkan usulnya sebagai pajak ala Buffet. Istilah Pajak Buffet mengacu pada investor kaya AS, Warren Buffet. Belum lama ini Buffet menulis bahwa orang kaya seperti dia sering kali membayar pajak lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang bekerja untuk mereka. Keadaan ini disebabkan oleh aturan pajak yang kurang sempurna. Sebenarnya, orang seperti dia mampu membayar pajak lebih banyak.

Diperkirakan, selain memungut pajak orang kaya, Obama juga akan memangkas anggaran pemerintah lebih banyak lagi. Hal itu akan meliputi reformasi Medicare dan Medicaid, yaitu program jaminan kesehatan pemerintah untuk orang tua dan rakyat miskin.

Gedung Putih telah menyatakan bahwa Obama tidak akan merekomendasikan perubahan apa pun terhadap program pensiun Jaminan Sosial Federal.

Obama sempat terpukul karena menurut jajak pendapat popularitasnya melorot drastis. Ini terkait dengan cara dia mengatasi masalah ekonomi yang tidak memuaskan aspirasi rakyat. Dia ingin menggunakan rencananya ini untuk melawan kubu Republik. Kubu lawan mengatakan, dia terlalu liberal dalam pajak dan pembelanjaan.

Komisi super

Kongres bebas mengabaikan usulan ini. Adapun Republik yang menguasai DPR AS mengatakan, mereka akan menolak kenaikan pajak.

Komisi super yang terdiri atas enam orang dari Partai Demokrat dan enam orang dari Partai Republik harus mendapatkan dana setidaknya 1,2 triliun dollar AS sebelum akhir 2011 untuk menghindari pemotongan anggaran otomatis dan menyakitkan. Komisi ini dimandatkan untuk mencari penghematan hingga 1,5 triliun dollar AS.

Penghematan tersebut termasuk pengurangan defisit anggaran pemerintah sebesar 917 miliar dollar AS yang disepakati pada Agustus lalu ketika pemerintah meminta kenaikan pagu utang.

Secara terpisah, Obama mengatakan kepada komisi super tersebut agar mempertimbangkan kenaikan pajak sebesar 467 miliar dollar AS untuk membiayai rancangan undang-undang soal penyerapan tenaga kerja.

(Reuters/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com