Jumat, 18 April 2014

News / Nasional

Berkat Kompasiana, Anak Buton Ini Bisa Sekolah di Amerika

Minggu, 18 September 2011 | 14:41 WIB

Baca juga

 

1316203989103665020

Di depan kampus Ohio University at Athens.

JAKARTA, KOMPAS.com — Berbekal pengalaman menulis di Kompasiana, Yusran Darmawan, putra kelahiran Buton, mendapat beasiswa kuliah di Universitas Ohio, Amerika Serikat. Dalam proses seleksi penerimaan beasiswa ke luar negeri, Yusran juga melampirkan tulisan-tulisan terbaiknya yang pernah ditayangkan di Kompasiana untuk meyakinkan juri bahwa dia layak mendapatkan beasiswa.

Pengalaman Yusran mendapatkan beasiswa ini ditulis panjang-lebar di blognya, Sabtu (17/19/2011). Blogger yang sudah menulis lebih dari 1.500 artikel ini mengaku tertarik ikut ngeblog di Kompasiana karena media warga ini mengasah kemampuan penggunanya untuk mengenali isu-isu terbaru serta dinamika wacana yang tengah hangat di negeri ini.

"Aku juga belajar untuk mengenali isu-isu apa yang kelak akan menjadi tren pada masa depan, serta apa saja yang harus dilakukan," tulis Yusran.

Anak guru SD di kota Bau-Bau ini merupakan salah satu peserta yang lulus seleksi. Di awal proses seleksi, dia tidak begitu percaya diri, terlebih karena peserta yang mendaftar mencapai 9.000 orang dari seluruh Indonesia.

Hingga akhirnya datang panggilan untuk studi dari Ohio University at Athens.

 

 

1316204203813410883

Di depan taman air di Bandara Detroit.

Yusron bercerita, saat diminta melampirkan beberapa contoh tulisan, dia mengumpulkan beberapa tulisannya yang pernah menjadi tulisan utama (Headline) di Kompasiana. Semuanya dicetak dan dikirim bersama dokumen lamaran. Saat wawancara dengan juri, Yusran bangga karena beberapa juri pernah membaca tulisannya dan ada juga yang sembat memberikan komentar.

"Pengalaman berinteraksi di Kompasiana membuatku bisa membedakan mana hal yang penting dan mana hal yang tidak penting," katanya.

Kompasiana adalah kanal blog terbuka untuk setiap orang.

Untuk mendapatkan inspirasi dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri, silakan baca kisah lengkapnya seperti ditulis Yusran di sini.

Sumber: Kompasiana


Editor : Pepih Nugraha
Sumber: