Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompasiana Jadikan Hidup Lebih Bermakna

Kompas.com - 08/09/2011, 17:43 WIB
Oleh: Fauziah Humaira
 
Ini bukan sulap ataupun sihir. Kalau diperhatikan, semakin banyak orang tidak hanya hobi membaca tapi juga menulis. Ini juga mungkin pengaruh media internet yang memberikan peluang kepada setiap orang untuk berekspresi. Paling kurang menuliskan status untuk hari ini. Menulis komentar untuk suatu hal.
Saya yakin kebanyakan dari Kompasianaer (blogger Kompasiana—red) memiliki prinsip indahnya berbagi. Berikut makna hidup saya selama menjadi Kompasianer:
Menikmati kepuasan. Ada satu hal yang bisa dinikmati yaitu kepuasan. Perasaan puas saat berhasil menuliskan beberapa paragraf tulisan, biarpun tidak berarti apa-apa untuk orang lain tapi ada usaha untuk berbagi dan memberi opini ataupun pengalaman.

Belajar mendisiplinkan diri. Kompasiana sama sekali tidak memberikan honor dalam bentuk apapun kepada setiap Kompasianer. Dengan kompasiana, saya belajar disiplin untuk menulis, setidaknya satu tulisan untuk satu hari. Padahal dengan sangat sadar tidak ada yang mengawasi dan menanyakan, “Kamu sudah menulis hari ini?”.

Open minded. Di Kompasiana, kita bisa menatap dunia lebih luas, karena informasi yang dihadirkan sangat beragam tanpa ada polesan untuk keuntungan sebelah pihak dan pihak-pihak tertentu. Hal ini membuat pembaca jadi lebih jeli dalam menyaring setiap info yang didapat.

Mengeratkan komunitas. Tanpa disadari, sesama Kompasianer telah terjalin hubungan yang erat. Tidak hanya terbatas dalam forum Kompasiana tapi sampai kedunia nyata. Rasa persaudaraan sesama kompasianer telah menjadikan kompasiana ini sebagai forum peduli sesama 

Ini hanya sebatas apa yang saya rasakan. Tentunya masih banyak lagi hal-hal lain yang Kompasianer rasakan. Yang pasti, semakin hari semakin rajin membaca untuk memperkaya ilmu dan tetap belajar menuliskan apa yang bisa ditulis.

Selengkapnya: http://kom.ps/RjhV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com