Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Jakarta Lengang!

Kompas.com - 29/08/2011, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Suasana di sejumlah ruas jalan di kawasan Ibu Kota tampak lengang, Senin (29/8/2011). Lengangnya Jakarta ini seiring dengan mudiknya para "penghuni" Ibu Kota ke kampung halamannya menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sekitar pukul 09.00 WIB, sepanjang ruas Jalan Ir H Juanda, Ciputat, Tangerang, yang menuju ke Jalan Raya Pasar Jumat tampak lengang. Pada hari biasa, di kawasan ini hampir selalu terjadi kemacetan, apalagi pada awal pekan. Maklum saja, jalan ini menghubungkan daerah permukiman, seperti Pamulang, Bintaro, hingga Bogor, dengan wilayah Jakarta bagian selatan.

Kondisi lengang juga tampak di sepanjang Jalan RS Fatmawati hingga Blok A, bahkan Blok-M. Biasanya, pada jam kerja seperti sekarang ini, waktu tempuh Pasar Jumat hingga Blok M, yang melewati Jalan RS Fatmawati, bisa memakan waktu sekitar satu jam. Bahkan, bisa lebih dari satu jam jika kondisi macet terjadi di perempatan Pondok Indah menuju Lebak Bulus hingga Pasar Blok A. Namun, pagi ini, waktu tempuh untuk rute tersebut hanya sekitar 20 menit.

Selain lengangnya situasi arus lalu lintas, angkutan umum juga tak banyak terlihat di jalanan. Bisa jadi, bus yang ada dimanfaatkan untuk angkutan mudik ke sejumlah daerah. Seperti diberitakan, berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pemudik yang menggunakan bus antarkota antraprovinsi (AKAP) pada tahun ini sekitar 596.417 orang. Kendaraan mudik gratis sekitar 596.417 orang. Sementara itu, kendaraan bus yang tersedia ada 7.292 unit, termasuk bus bantuan dari bus kota dan bus pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com