Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Tempat Wisata Jakarta Tetap Buka

Kompas.com - 29/08/2011, 00:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama Lebaran, berbagai tempat wisata di Jakarta akan tetap buka. Sementara itu, jumlah pengunjung diperkirakan meningkat 7 sampai 12 persen di tiap-tiap obyek wisata. "Berdasarkan pengalaman kami, obyek wisata di Jakarta akan diserbu pengunjung pada H+2. Pada hari pertama memang tidak terlalu banyak karena warga biasanya akan keliling mengunjungi sanak familinya dulu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman ketika dihubungi wartawan, Minggu (28/8/2011).

Ia mengungkapkan, jumlah pasti pengunjung berada di tangan pihak pengelola tiap-tiap tempat wisata. Adapun obyek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat Lebaran, antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Margasatwa Ragunan (TMR), dan Monumen Nasional (Monas).

Selain itu, obyek wisata lain yang juga menjadi favorit warga Jakarta adalah Setu Babakan, Kota Tua, dan taman-taman kota yang ada di Ibu Kota. Berdasarkan data yang dihimpun, pengelola Monas memprediksi jumlah pengunjung bisa mencapai 8.000 orang per hari saat memasuki H+2 Lebaran.

Sementara itu, pengelola Taman Impian Jaya Ancol memperkirakan ada 1,5 juta orang yang akan berkunjung untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Bahkan, untuk hal ini, disiapkan lahan seluas 18 hektar untuk parkir sekitar 9.000 kendaraan.

Adapun TMR, pihak pengelola memprediksi bahwa jumlah pengunjung setiap harinya antara 50.000 hingga 100.000 orang. Namun, jumlah yang diprediksikan ini dapat meningkat pesat lantaran tiket masuk TMR yang relatif murah dan sesuai untuk keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com