Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Kondisi Papua Tetap Kondusif

Kompas.com - 23/08/2011, 17:24 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com -  Kapolda Papua Irjen B.L Tobing, Selasa (23/8/2011) di Papua mengatakan, kondisi keamanan di Papua secara umum kondusif. Berbagai kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini menurutnya persoalan kriminal biasa yang merupakan bagian dari siklus kehidupan.

"Peristiwa-peristiwa itu menurutnya tidak mempengaruhi situasi umum Papua. Situasi tetap kondusif," kata B.L Tobing seusai memberi pengarahan jajaran Polres Kota Jayapura, Papua.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Polres Kota Jayapura AKBP Imam Setiawan. Meski pada hari yang sama di Kota Jayapura terjadi beberapa kasus kekerasan dan penganiayaan yang menyebabkan beberapa korban jatuh, Imam Setiawan menegaskan bahwa kasus-kasus itu murni krinimal.

Salah satu kasus menonjol yang terjadi pada Selasa pagi adalah penganiayaan yang menyebabkan Kapten Tasman M. Nur, perwira pertama Bintal Kodam XVII Cendrawasih meninggal dunia. Perwira itu dicegat oleh dua orang pemalak di kawasan jalan baru, Waena.

Menurut saksi mata, mereka menyerang Tasman dengan pisau dan parang. Polisi segera bergerak dan berhasil menangkap kedua pelaku penganiayaan tersebut.

Pada Selasa siang, sekitar pukul 13.00 terjadi kasus pencurian dengan kekerasan di kawasan kompleks Rektorat Uncen. Korban, Yaas Kogoya (21) luka parah karena sabetan parang. M enurut saksi mata, pelaku saat itu hendak mengambil tas milik korban, namun diketahui korban yang kemudian mengejar pelaku.

Saat itulah korban diserang dengan parang. Korban sempat melawan namun pelaku berhasil melarikan diri. Korban menderita luka cukup parah dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Dian Harapan, Waena.

Kepala Polres Kota Jayapura AKBP Imam Setiawan mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan situasi keamanan di wilayah Kota Jayapura.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Wachyono mengatakan, dalam pengarahannya Kapolda Papua Irjen B.L Tobing mengatakan polisi harus selalu bersikap profesional dalam menangani setiap ancaman dan kasus yang ada serta terus memantau peta wilayah terutama pada titik-titik rawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com