Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakan Meriam di Kantor Gubernur Jatim

Kompas.com - 17/08/2011, 19:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Korps Marinir menembakkan meriam howitzer 105 MM di Kantor Gubernur Jatim Grahadi untuk memperingati detik-detik Proklamasi, Rabu (17/8/2011).

Dinas Penerangan Korps Marinir menjelaskan, para prajurit Marinir melakukan 17 kali tembakan Meriam 105 MM di Gedung Grahadi. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Batalyon Howitzer (Yonhowitzer-1) Marinir yang di Komandani Mayor Marinir Ainur Rofiq mengeluarkan satu Baterai Meriam 105 MM (enam pucuk) yang diawaki 65 personel di bawah pimpinan Kapten Marinir Endik Catur.S.

Peringatan HUT ke-66 Republik Indonesia di Jawa Timur tersebut diawali dengan peringatan detik-detik proklamasi tepat pukul 10.00 WIB ditandai dengan tembakan peluru hampa dari Meriam 105 MM sebanyak 17 kali dengan selang waktu 3,5 detik yang diiringi suara sirene selama satu menit dengan pimpinan penembakan Letnan Dua (Letda) Marinir Febri Firmansyah.

Penembakan meriam ini merupakan kegiatan tahunan Pemkot Jatim, bertempat di jalan Ketabang Kali tepatnya belakang Gedung Grahadi Surabaya yang pelaksanaannya hanya berlangsung satu menit. Acara itu membawa nama besar Korps Marinir pada umumnya dan khususnya Batalyon Howitzer-1 Marinir.

Setelah selesai pelaksanaan penembakan dan upacara HUT RI ke 66 ini, material tempur Meriam 105 MM milik Korps Marinir ini dan pengawaknya langsung diserbu oleh warga masyarakat yang mulai pagi sampai selesai kegiatan melihat dari kejauhan, hal ini dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk melihat-lihat dan berfoto dengan Meriam 105 MM serta para awak meriam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com