Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Ajarkan Balita Toilet Training

Kompas.com - 10/08/2011, 08:04 WIB

Kompas.com - Keterampilan untuk pipis dan buang air besar di toilet memang membutuhkan latihan dan kesiapan balita. Namun para orangtua sebaiknya tidak menunda terlalu lama untuk mengajarkan si kecil toilet training.

Beberapa pakar menyarankan agar toilet training sebaiknya dikuasai anak di usia tahun, namun sebagian lain menilai usia 18 bulan adalah saat yang tepat untuk mengajarkan anak cara menggunakan toilet yang benar karena di usia ini biasanya otot-ototnya sudah bisa mengontrol kandung kemih.

Anak-anak yang mulai belajar toilet training dalam usia dua tahun atau lebih besar akan terlambat untuk menguasai pengendalian kandung kemih. Akibatnya anak akan lebih sering mengompol di usia sekolah.

Anak-anak yang terlalu lama dibiasakan menggunakan popok sekali pakai pada umumnya juga tidak bisa belajar mengosongkan kandung kemih mereka secara baik sehingga mereka lebih beresiko menderita nyeri saluran kemih karena kebiasaan menahan pipis.

Menurut para peneliti dari Kanada yang meneliti beberapa riset yang sudah dipublikasikan menyimpulkan anak yang terlambat menguasai toilet training lebih beresiko menderita infeksi saluran kemih serta mengompol.

"Toilet training sering dianggap sebagai proses yang alamiah yang terjadi dalam masa tumbuh kembang anak. Hanya sedikit studi yang melihat dampak keterlambatan keterampilan ini pada anak," kata Dr.Darcie Kiddoo dari University of Alberta, Kanada.

Anak laki-laki cenderung menguasai toilet training lebih lama dibanding anak perempuan karena mereka harus belajar mengosongkan kandung kemihnya sambil berdiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com