Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Liwet Gurih Dijamin Ketagihan

Kompas.com - 19/07/2011, 15:19 WIB

KOMPAS.com — Di kala mudik, bisa jadi Solo menjadi salah satu kota yang harus Anda lewati. Apa jadinya jika Anda tiba di Solo di kala malam hari dan perut lapar? Mudah saja, mampir ke Keprabon, Solo, Jawa Tengah. Menu utamanya adalah nasi liwet. Nasi liwet termasuk salah satu kuliner Solo yang sudah tenar dan banyak dikenal orang-orang Indonesia.

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan. Terdengar seperti nasi uduk? Nyatanya rasa nasi liwet berbeda dengan nasi uduk. Rasanya lebih gurih dan dimasak lebih pulen. Tak hanya santan, nasi juga dimasak dengan kaldu ayam. Maka, aroma harum kelapa dan ayam pun menyeruak dari nasi. Cukup mencium aroma nasi saja sudah mampu membuat air liur terbit.

Sebagai teman si nasi, ayam yang disuwir, sayur labu siam, telur pindang rebus, dan kumut. Kumut berwarna putih dan kental itu terbuat dari santan kental. Kumuh ibarat ciri khas dari nasi liwet. Selain lauk-lauk tersebut, Anda juga bisa memakannya dengan telur dadar kukus, hati ampela, krecek, dan juga opor ayam. Jika doyan bacem, maka minta juga tahu bacem dan tempe bacem. Nasi liwet dengan aneka lauk akan sukses membuat Anda ketagihan. Rasanya akan membuat Anda terkenang-kenang akan Solo.

Di Keprabon terdapat banyak warung nasi liwet. Anda bisa memilih duduk di area lesehan atau di bangku kayu yang terletak di depan pedagang. Uniknya, warung nasi liwet di kawasan ini baru buka setelah magrib hingga malam hari. Jadi lapar tengah malam tak menjadi masalah. Datang ke Keprabon di jalan satu arah yang menuju Jalan Slamet Riyadi.

Penyajian nasi liwet juga tergolong unik. Wadahnya tidak menggunakan piring tetapi dengan daun pisang. Sayangnya warung di Keprabon menggunakan piring. Bahkan dulu nasi liwet dimasak dalam periuk tanah liat. Kini, nasi liwet digodok dalam panci aluminium. Satu tips saat Anda makan nasi liwet di Keprabon adalah tanyakan terlebih dahulu harga makanan yang akan Anda santap. Agar si pedagang agar memberikan harga yang memang sepantasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com