Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian: Mah, Cari Ruhut Baru Aja

Kompas.com - 18/07/2011, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anna Rudhiantiana Legawati (50) mengungkapkan, putranya, Christian Husen Sitompul (20), kerap menumpahkan kekesalan kepadanya terkait sikap ayahnya, Ruhut Sitompul, yang tak lagi memberikan perhatian.

Perubahan sikap Ruhut itu, menurut Anna, terjadi pacaperselingkuhan dengan perempuan lain, yakni Diana Leovita (30) yang berujung pada pernikahan keduanya tahun 2008.

"Kalau dia (Christian) lagi sebel, dia selalu bilang "mah, cari Ruhut baru," kata Anna seusai diperiksa sebagai saksi pelapor di Bareskrim Polri, Senin (18/7/2011) malam.

Perempuan yang mengaku masih istri sah Ruhut itu diperiksa terkait langkah hukum yang dia ambil pekan lalu yakni melaporkan Ruhut dengan sangkaan memalsukan dokumen untuk pernikahan dengan Diana.

Anggota Komisi III DPR dari Partai Demokrat itu dilaporkan dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen, Pasal 279 KUHP tentang menghilangkan status perkawinan, Pasal 284 KUHP tentang perzinahan, dan Pasal 45 PP Nomor 9 tahun 1975 tentang perkawinan.

Sebagai perempuan, Anna sadar situasi seperti ini bisa terjadi. "Saya sebagai seorang ibu rumah tangga harus mempersiapkan diri saya. Kapan pun juga suami pergi saya harus siap. Itu aja buat perempuan," ucap dia.

Apakah ada tanggapan dari Ruhut kepada Anda terkait laporan ini?, "Sampai sekarang ngga ada tanggapan," jawab Anna.

Dalam pemeriksaan tadi, kata Anna, dirinya ditanya 15 pertanyaan oleh penyidik terkait pernikahannya dan segala hal yang dia ketahui tentang pemalsuan dokumen. Anna juga sudah menyerahkan berbagai bukti yang dia miliki kepada penyidik.

Bukti itu diantaranya surat keterangan belum pernah nikah yang dibuat Ruhut pada 6 Mei 2008 , surat keterangan belum pernah nikah yang dikeluarkan Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, sertifikat pernikahan dirinya dengan Ruhut di Australia tahun 1998, kartu tanda penduduk Ruhut dengan status sudah menikah, foto-foto, dan bukti lainnya.

Anna mengaku sudah menyiapkan saksi-saksi untuk mendukung laporannya. Namun, dia tak bersedia mengungkap siapa saja saksi itu. "Ada lah nanti," ucap Anna.

Seperti diberitakan, Anna sudah hidup bersama Ruhut setelah menikah di Gereja di Medan, Sumatera Utara, pada 10 Maret 1990. Saat itu, Anna beragama Islam dan Ruhut beragama Nasrani. Karena berbeda keyakinan, mereka menikah kembali di Sidney, Australia pada tanggal 27 Juni 1998.

Keduanya lalu melakukan pernikahan secara adat Batak di Medan pada Juni 2001. Setelah itu, ia berubah nama menjadi Anna boru Tobing. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai Christian, yang terlahir down syndrome.

Ruhut tak mengakui Anna dan Christian dalam biodata di DPR. Ruhut hanya mengakui Diana sebagai istri dan memiliki dua anak. Atas sikap Ruhut itu, Anna akan melaporkan ke Badan Kehormatan DPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com