Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PRJ 2011 Dikunjungi 4 Juta Orang

Kompas.com - 11/07/2011, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarta Fair Kemayoran 2011 resmi ditutup pada hari Minggu (10/7/2011). Selama 32 hari pelaksanaan sejak 9 Juni-10 Juli 2011, total jumlah pengunjung event ini berada di atas 4 juta orang dan menyerap sedikitnya 20.000 tenaga kerja.

"PT Jakarta International Expo juga telah berhasil memfasilitasi transaksi bisnis antara pengunjung dan perusahaan-perusahaan peserta Jakarta Fair hingga mencapai angka transaksi di atas Rp 3,7 triliun," ungkap Direktur Utama PT Jakarta International Expo, Hartati Murdaya, dalam siaran pers yang dikirim Senin (11/7/2011).

Ia pun meyakini bahwa nilai transaksi tersebut akan terus meningkat pascapenyelenggaraan Jakarta Fair karena selama penyelenggaraan ini juga terjadi kontrak bisnis perusahaan peserta yang akan berlanjut dengan transaksi pada masa mendatang.

"Realisasi jumlah pengunjung dan pencapaian nilai transaksi Jakarta Fair 2011 ternyata mampu melampaui angka jumlah pengunjung yang ditargetkan sebanyak 4 juta orang dan nilai transaksi yang ditargetkan Rp 3,5 triliun," tutur Hartati.

Menurut dia, angka-angka ini juga menunjukkan kenaikan dibandingkan penyelenggaraan Jakarta Fair 2010 yang dikunjungi 3,8 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,1 triliun. Dengan pencapaian nilai transaksi itu, Jakarta Fair dinilai berhasil memberi kontribusi ekonomi, khususnya dalam menggerakkan gairah konsumsi masyarakat yang menggerakkan roda ekonomi dan menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

"Jakarta Fair juga mampu berperan sebagai trigger bagi peningkatan investasi, perluasan lapangan kerja, merangsang inovasi perindustrian, serta mendorong semangat promosi perdagangan untuk lebih bersaing di pasar domestik dan pasar global," jelas Hartati.

Acara penutupan yang berlangsung semalam di area Pekan Raya Jakarta Kemayoran dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Direktur Utama PT Jakarta International Expo Hartati Murdaya, dan Ketua Pelaksana Jakarta Fair 2011 Prajna Murdaya.

Tidak hanya itu, penutupan event yang sudah dilakukan 44 kali itu dimeriahkan dengan pesta kembang api spektakuler, penobatan Miss Jakarta Fair 2011, pemberian hadiah kepada stan terbaik, serta pengumuman undian tiket berhadiah utama mobil dan sepeda motor.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jakarta Fair 2011 diikuti 2.600 perusahaan dengan 1.300 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dalam negeri, serta melibatkan berbagai skala usaha besar, menengah, kecil, koperasi, BUMN, dan anjungan pemprov se-Indonesia. Event ajang promosi, pameran, dan hiburan terbesar ini diselenggarakan bertepatan dengan perayaan HUT ke-484 Kota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com