Ratu Atut Galang Dukungan untuk Rano - Kompas.com

Ratu Atut Galang Dukungan untuk Rano

Kompas.com - 06/07/2011, 12:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menggalang dukungan dari partai-partai koalisi terkait pencalonan dirinya dan Rano Karno dalam pemilihan gubernur Banten periode 2012-2017.

"Berdasarkan hasil survei, baik independen maupun non-independen, Rano Karno memang paling potensial mendampingi saya sebagai calon wakil gubernur. Tetapi, saya belum bisa mengambil keputusan (apakah akan berpasangan dengan Rano) karena masih harus membahas terlebih dulu dengan partai-partai koalisi," kata Atut dalam siaran pers kepada Antara, Rabu (6/7/2011) di Jakarta.

Atut menegaskan, ia harus bisa meyakinkan partai-partai politik yang telah mendukungnya bahwa Rano Karno pantas mendampinginya dalam Pilgub Banten 2011. Sejauh ini, Atut telah mendapat dukungan dari delapan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Banten, yakni Golkar, PDI-P, PKB, Gerindra, PBB, PPNUI, PDS, dan PPD.

Delapan parpol tersebut mempunyai 38 kursi dari 85 kursi di DPRD Banten. Golkar memiliki 13 kursi, PBB (3 kursi), PKB (5) PDI Perjuangan (10), Partai Gerindra (5), PPNUI (1), PDS (1), dan PPD (1).

Dalam Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDI Perjuangan di Banten, Selasa (5/7/2011) kemarin, PDI-P memutuskan akan mengusung pasangan Ratu Atut dan Rano Karno sebagai bakal calon gubernur dan bakal wakil gubernur dalam pilgub Banten pada 22 Oktober 2011. Pasangan ini sebelumnya telah diamanatkan oleh pengurus pusat PDI-P yang disampaikan Sekjen DPP PDIP- Tjahjo Kumolo dalam Rakerdasus tersebut.

Ratu Atut menyambut positif pencalonan dirinya bersama Rano Karno oleh partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu. Namun, ia belum secara tegas dan pasti menerima rekomendasi Rano Karno sebagai pendampingnya karena masih harus membahasnya dengan partai-partai lain dalam koalisi.

"Saya kira siapa yang akan terpilih mendampingi saya adalah sosok yang bisa memberikan maupun menambah peluang meraih kemenangan. Bukan justru sebaliknya, akan mengurangi elektabilitas calon gubernur. Saya harus berhati-hati dan cermat dalam mengambil keputusan dengan juga memperhatikan pandangan partai-partai koalisi. Rekomendasi rakerdasus PDI Perjuangan saya terima dan nanti akan saya bawa dalam pembahasan dengan partai koalisi," ujar Atut.

Atut menilai, Rano memiliki modal bagus untuk mendampinginya sebagai calon wakil gubernur. Selain pengalaman dan kinerja yang telah diperlihatkan Rano selama menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang, Atut juga tidak meragukan integritas Rano dalam pembangunan daerah.

 

EditorLaksono Hari W

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM